Selasa, 12 Februari 2013

Kiat Promosi Efektif untuk Usaha Rumahan

“Saya baru memulai usaha menjual baju-baju rumah dan baju-baju kantor, tapi karena keterbatasan modal sehingga tidak membangun outlet khusus tapi hanya menggunakan rumah sebagai tempat usaha. Yang ingin ditanyakan adalah:
1.Apa yang harus diperhatikan ketika membuka usaha di rumah?
2.Kalau lokasi rumah kurang strategis, bagaimana mensiasatinya agar produk dikenal karena saat ini belum punya modal dana untuk pindah lokasi usaha?
3.Kendala apa yang ditemui dalam usaha seperti ini?
4.Promosi seperti apa yang harus dilakukan agar bisa dikenal orang dan tentu saja bisa laku?”

Pada dasarnya, pembeli di usaha rumahan adalah ibu-ibu. Yang perlu diperhatikan adalah apakah lingkungan perumahan Anda kelas menengah atau kelas bawah. Lingkungan ini mempengaruhi jenis produk yang akan dijual. Untuk kelas atas biasanya harganya juga lebih mahal dari yang bawah. Untuk menjual baju biasanya tidak mudah, karena ukuran seseorang berbeda. Apalagi untuk baju kantor, penampilan harus sempurna. Yang dimaksud sempurna adalah pas dengan tubuh. Maka baju kantor biasanya tidak dibeli jadi tapi dibuat khusus di penjahit atau modiste. Seseorang yang membeli baju jadi biasanya untuk pemakaian yang bisa ditoleransi, cenderung pakaian longgar, misal untuk tidur atau di rumah, seperti daster atau kaos yang longgar. Makanya kalau jual baju sebaiknya bisa menjahit baju. Bila tidak dapat menjahit, mencari produk yang tidak dipakai di kantor, misalnya sprei, taplak meja, daster, celana, kaos, dsb. Bila tetap akan menjual produk baju kantor, maka persediaan harus banyak, sehingga segala macam ukuran tubuh bisa dilayani.
Apabila lokasi di rumah, maka akan lebih baik apabila lokasinya strategis. Ukuran strategisnya bermacam-macam seperti mobil bisa masuk atau tidak. Namun orang yang membeli produk biasanya cenderung karena puas pada pelayanan dan produknya maka lokasi bisa kurang penting. Bila pembeli puas di mana pun tempatnya tentu akan dicari. Bila produk itu tidak laku, dijual di lokasi manapun juga kurang laku. Lokasi dipertahankan saja, pelaku harus mencari produk yang sangat laku. Pindah lokasi diharapkan dalam rangka memperbesar usaha.
Untuk usaha jenis ini, maka kendala yang biasa jualan baju di rumah adalah penjualan kredit, bukan cash. Pelanggan dari tetangga biasanya minta penjualan kredit. Bila hal ini terjadi, maka konsekwensinya ada pelanggan lari tidak membayar cicilan. Ada hukum tidak tertulis yaitu menjual kredit pada satu pelanggan sama dengan menjual kredit kepada semua pelanggan. Pelanggan lain juga akan menuntut pembelian secara kredit. Dengan demikian tidak ada penjualan cash. Administrasi dari penjualan kredit harus rapi. Bila tidak, akan muncul persengketaan, karena pengkredit merasa sudah lunas, sedangkan penjual merasa belum lunas. Penjualan cash, tidak ada batasan pembelian, tetapi penjualan kredit dibatasi perorangnya. Bila terlalu besar beli kreditnya untuk satu orang, bila ada masalah kerugian akan sangat besar.
Usaha apapun membutuhkan promosi. Nah promosi penjualan ini adalah dari mulut ke mulut atau door to door. Sangat dianjurkan agar penjual bisa menyesuaikan selera konsumen. Untuk lokasi usaha yang dekat denga tempat peribadatan, akan sangat laku baju dan pakaian tertentu. Untuk lingkungan hunian karyawan kantor,maka blaze atau jas yang banyak dipakai. Promosi dengan menggunakan menekin atau boneka sangat disarankan. Baju yang akan dijual dipajang dan disorot lampu agar kelihatan menarik. Baju ini tiap tiga hari sekali diganti agar membuat kesan telah laku. Yang tak kalah pentingnya, tempat bersih adalah bentuk promosi lain.

Sumber:
Arsip Bisnis
Yanto Sidik Pratiknyo,

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

PEMINJAM DATA'S
(1) Nama Lengkap:
(2) Negara:
(3) Alamat:
(4) Kota:
(5) Sex:
(6) Status Pernikahan:
(7) Bekerja:
(8) Nomor Ponsel:
(9) Penghasilan Bulanan:
(10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
(11) Jangka waktu pinjaman:
(12) Tujuan Pinjaman:

Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

6 Mei 2015 pukul 08.44
Unknown mengatakan...

Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu kelly
KELLYWOODLOANFIRMLTD
kellywoodloanfirm@gmail.com

25 Juli 2016 pukul 05.58

Posting Komentar